Kamis, 11 November 2010

Hal Penting Dalam Memilih Web Hosting

Web Hosting
Bagi seorang Webmaster atau Blogger, Web hosting merupakan hal utama, apalagi bagi mereka yang menggunakan software Blog semacam Wordpress atau Content Management System (CMS) seperti Joomla dan lainnya. Meskipun penyedia blog gratis banyak sekali semacam Blogger.com dan Wordpress.com, akan tetapi kebebasan user sangat dibatasi. Berbeda dengan kita mempunya Hosting sendiri. Kebutuhan masing-masing memang sangat berbeda-beda, hal ini sangat mempengaruhi dalam hal pemilihan Web hosting. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan Web hosting.


Keandalan dan Uptime

ketika kita mencari sebuah Web hosting untuk Blog, hal penting yang harus diperhatikan adalah uptime dari web hosting tersebut, abaikan semua fitur-fitur lain yang menurut mereka luar biasa. Karena hal itu hanyalah sebagian dari promosi mereka.
Memang sangat sulit sekali untuk menentukan kehandalan sebuah perusahaan web hosting tanpa kita mencoba dan menjajalnya sendiri. Tetapi untuk mencobanya kita harus mengeluarkan biaya.
Untuk itu carilah review-review dan umpan balik (feedback) mengenai perusahaan web hosting tersebut, atau anda bisa melihat dan bertanya di forum-forum terkemuka yang membahas tentang web hosting. Dengan begitu anda dapat mempertimbangkan web hosting mana yang akan anda pilih.


Kapasitas dan Bandwidth

Bagi Blogger pemula (seperti saya), Anda bisa memanfaatkan jasa shared hosting yang lebih murah atau sekalian yang free hosting saja. Banyak sekali penyedia free hosting menawarkan unlimited webhosting dengan bandwidth yang besar. Tetapi anda harus menyadari yang namanya free web hosting dengan penyimpanan dan bandwidth yang tidak terbatas, tidak benar-benar seperti itu. Menurut beberapa sumber, tidak mungkin sebuah server web hosting menyediakan jasa penyimpanan dan dan bandwidth yang tidak terbatas karena kita mengetahui bahwa hard drive server itu ada kapasitasnya, apalagi web hosting yang free. Hanya saja ada beberapa perusahaan penyedia web hosting gratis yang memberikan jatah penyimpanan data yang besar.
Jika Anda berencana membuat website dengan traffic yang tinggi, anda harus mempertimbangkan web hosting mana yang akan anda pilih, misal Hosting berbasis Cloud Hosting, Dedicated Server serta Virtual Private Server.
Server Web Hosting


Fitur dan Kompatibilitas

Hal ini sangat tergantung dari rencana anda membuat sebuah website atau blog. Dalam hal pemilihan sebuah web hosting, perhatikan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh sebuah perusahaan web hosting. Perhatikan juga kompatibilitas web hosting dengan website anda, misalnya website anda akan menggunakan Content Management System (CMS). Website anda menggunakan lebih dari satu database? Apakan diperlukan beberapa alamat E-mail? Apakah anda memiliki banyak domain atau sub domain? Perhatikan hal tersebut, apakah web hosting pilihan anda menyediakan semua kebutuhan anda tersebut.


Pertimbangkan Harga dengan Fasilitas

Banyak sekali perusahaan jasa web hosting yang tersebar di seluruh Dunia. Penawaran harga dan fasilitas pun berbeda-beda. Sebelum anda menentukan membeli sebuah webhosting, alangkah baiknya jika anda terlebih dahulu membandingkan beberapa web hosting pilihan. Agar nantinya anda tidak kecewa karena anda telah salah memilih sebuah web hosting.

0 Comments:

Posting Komentar

Blogger Friends